Prodi D3 Akuntansi FEB UNP Jalin Kerjasama Dengan Kantor Akuntan Publik Rinaldi Munaf

Kerjasama dengan institusi lain sangat penting untuk sebuah organisasi, tidak terkecuali untuk program studi Diploma Tiga Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Negeri Padang (Prodi D3 Akuntansi FEB UNP). Apalagi dengan diterapkankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) maka kerjasama dengan institusi di luar kampus sangat dibutuhkan dalam menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas.Kerjasama juga juga menjadi sebuah keharusan seiring dengan penilaian kinerja sebuah organisasi perguruan tinggi yang dituangkan dalam bentuk Indikator Kerja Utama (IKU) khusus kerjasama ini adalah IKU 6.

Pada tanggal 28 Februari 2024 Prodi D3 Akuntansi melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) Rinaldi Munaf yang merupakan salah satu kantor akuntan publik yang ternama di Kota Padang. Kerja sama ini dilakukan dalam bentuk:

1. Magang keahlian selama 40 hari bagi mahasiswa

2. Program Magang Merdeka Belajar selama 6 bulan bagi mahasiswa

3. Pengembangan Kurikulum

4. Kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

5. Kegiatan kemahaiswaan

 

Kerjasama ini sangat bermanfaat dalam kegiatan organisasi.Manfaat Kerja Sama Dalam Tim di Lingkungan Kerja diantaranya sebagai berikut:

1. Lebih Mudah Mencari Solusi

Dengan kerja tim, tentu solusi akan lebih mudah ditemukan, dibanding hanya mengandalkan satu pemikiran saja. Saat bekerja bersama, diskusi antar satu karyawan dan karyawan lainnya bisa dilakukan dalam memecahkan sebuah masalah.

2. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, tentu harus ada koordinasi antar pihak. Komunikasi ini harus diperkuat. Selain itu, bekerja sama tim juga bisa membuat karyawan-karyawan semakin akrab. Menambah teman tentu bukan sesuatu yang salah bukan?

3. Saling Memahami Satu sama Lain

Setiap orang pastinya mempunyai kekurangan. Sehingga saling memahami satu sama lain diperlukan. Hal ini tentu akan berdampak pada terlaksananya sebuah pekerjaan.

4. Mempererat Ikatan Persaudaraan

Dikutip dari Buku Kebijakan Publik di Era Digitalisasi, kerja sama dalam tim kerja bisa membuat individu saling berinteraksi dan saling membantu dalam menyelesaikan persoalan. Dengan begitu, maka bisa terjalin komunikasi yang baik dan menambah rasa persaudaraan.

5. Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Saat bekerja sama, sesulit apapun masalah yang dihadapi, maka bisa lebih cepat terselesaikan dibandingkan hanya mengandalkan satu orang saja. Dengan bekerja sama juga, anggota tim bisa saling mendukung satu sama lain. Jadi, pekerjaan akan cepat terselesaikan dan bisa mencapai hasil yang diinginkan.

6. Pekerjaan Terasa Lebih Ringan

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Manusia tentu membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupannya. Dengan bekerja sama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang sulit, tentu akan terasa lebih ringan dan mudah, sebab dikerjakan oleh banyak orang.