PKM PEMBEKALAN PELATIHAN PEMANFAATAN SPREADSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BAGI TIM MGMP BISNIS DAN MANAJEMEN SMK PROVINSI SUMATERA BARAT

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan salah satu kewajiban para dosen dalam berkontribusi untuk negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan ini, kami Tim Dosen Akuntansi Universitas Negeri Padang melaksanakan kembali Pengabdian Kepada Masyarakat yang pada tahun ini kami melaksanakannya bekerja sama dengan Tim MGMP Bisnis dan Manajemen SMK Provinsi Sumatera Barat. Pengabdian Kepada Masyarakat ini memiliki tema “PELATIHAN PEMANFAATAN SPREADSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN” dilaksanakan pada tanggal 18-19  september 2020 di ruang Siti Nurbaya SMKN 2 Padang. Pelaksanaan PKM tahun ini sedikit berbeda karena dilaksanakan pada masa Pendemic Covid-19, namun antusias guru-guru dalam megikuti pelatihan ini tidak berkurang dimana terlihat dari jumlah peserta yang cukup tinggi namun kami hanya membatasi sebanyak 35 orang mengingat keterbatasan tempat dan harus menerapkan protokoler Covid-19.

Berdasarkan UU Dikdasmen No. 130/D/Kep/2017, aplikasi pengolah angka dan microsoft excel merupakan keahlian yang wajib dimiliki siswa SMK Bisnis dan Manajemen. Pelatihan mengenai program komputer akuntansi dipandang perlu bagi guru-guru SMK Bisnis dan Manajemen di Propinsi Sumatera Barat. Para guru akuntansi SMK bisnis dan Manejemen ini merasakan masih banyak kendala yang mereka hadapi dalam menyelesaikan siklus akuntansi menggunakan program spreadsheet. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan Ketua MGMP Propinsi Sumatera Barat, diketahui bahwa hal ini terjadi karena masih kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh guru, dan masih kurang familiarnya guru dengan cara mengoperasikan berbagai macam menu dan fungsi yang dapat digunakan dalam program spreadsheet untuk menyelesaikan suatu laporan keuangan perusahaan. Berdasarkan kondisi ini, maka selama ini proses belajar mengajar untuk mata pelajaran ini lebih banyak dilakukan dengan metode ceramah dan sedikit praktik. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap kompetensi para lulusan SMK. Padahal tuntunan dunia kerja, mensyaratkan para lulusan SMK harus bisa mengoperasikan program aplikasi ini dengan baik, hal iniah yang menjadi dasar bagi tim PKM untuk melaksanakan pelatihan spreadsheet.

PKM telah terlakasana 2 hari namun guru-guru tetap mendapat bimbingan dari Tim untuk melanjutkan pendalaman materi dan pelatihan yang telah peserta dapatkan. Pelatihan yang telah Tim laksaakan pada guru-guru ini diharapkan akan bisa menambah kemapuan guru sehingga bisa meningkatkan kompetensi lulusan SMK sehingga bisa memenuhi tuntutan dunia kerja nantinya.