Pelatihan Lead Auditor Course ISO 9001:2015

Dosen Program Studi Diploma 3 Akuntansi Departemen Akuntansi beserta 3 dosen lainnya dari Departemen Manajemen, Departemen Ilmu Pembangunan dan Gugus Penjamin Mutu Internal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang mengikuti Pelatihan Lead Auditor Course ISO 9001:2015 tanggal 26 sampai 29 Februari  2024 di Kantor SGS ISO Jakarta.

ISO 9001:2015 merupakan salah satu sistem dasar yang mengatur manajemen standar mutu. Sistem ini dirancang supaya dapat membantu perusahaan untuk membuat produk yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Mutu dari sebuah perusahaan akan memiliki pengaruh yang besar terhadap kepuasan para konsumennya. Penilaian ini dapat didasarkan oleh fungsi produk atau jasa, kinerja, serta kualitasnya.

Manajemen dari setiap perusahaan akan berpengaruh terhadap standar dan kualitas produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, diperlukan standar dan pengawasan manajemen yang baik supaya dapat membuat semua tatanan perusahaan menjadi rapi dan terstruktur.

Ketika ada yang tidak terstruktur dalam manajemennya, perlu adanya proses untuk menata dan merapikan kembali. Setelah itu, produk yang dihasilkan akan lebih maksimal dan berkualitas.

Maka dari itu, menjadi penting untuk setiap perusahaan melakukan penerapan ISO 9001:2015. Ini akan membuat perusahaan mendapatkan pengakuan bahwa produk dan jasa yang diberikan telah sesuai dengan standar dengan skala internasional.

ISO 9901 memuat tentang berbagai hal yang dapat menjamin kualitas produk dan jasa yang ditawarkan. Terdapat syarat dan ketentuan yang wajib untuk dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi.

Selain itu, juga mengatur supaya perusahaan dan semua produk atau jasanya telah mematuhi berbagai persyaratan yang tercantum dalam hukum dan peraturan yang berlaku. Tujuannya untuk mencapai kenyamanan bagi perusahaan, konsumen, dan semua pihak terkait.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi, maka perusahaan perlu mengetahui serta dapat menerapkan berbagai syarat dan ketentuan yang tercantum dalam ISO 9001:2015.

Syarat dan ketentuan tersebut harus diimplementasikan secara terus menerus. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem manajemen yang matang serta pengawasan yang terjamin. Dengan demikian, semua kegiatan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan standar.

Pada dasarnya, sistem manajemen mutu dapat membuat berbagai kegiatan perusahaan terlaksana dengan baik. Selanjutnya, hasil dari setiap prosesnya akan maksimal dan sesuai dengan target yang diharapkan.

Salah satu standar tersebut yaitu ISO 9001:2015 yang tujuannya adalah untuk membuat konsumen yakin terhadap berbagai produk atau jasa yang ditawarkan.

Terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan ISO 9001:2015 ini. Manfaatnya dapat dilihat dan dirasakan oleh berbagai pihak, mulai dari perusahaan, karyawan, hingga konsumen atau pelanggan.